BELAJAR SAMBIL BERMAIN BERSAMA PAPAN PINTAR
BELAJAR SAMBIL BERMAIN BERSAMA PAPAN PINTAR
@pakgurupedia Media pembelajar adalah sarana yang
banyak dipakai oleh guru untuk menyampaikan materi kepada siswanya. Tujuan
penggunaan media dikelas adalah untuk memastikan bahwa siswa memahami materi
yang disampaikan oleh guru. Penggunaan media pembelajaran dapat memperkuat
pemahaman lebih daripada tidak menggunakannya. Hasil belajar bagi siswa
diperoleh secara langsung dari apa yang telah dialaminya.
Penggunaan media papan pintar dapat
membantu penyampaian materi lebih bervariasi, menarik dan menyenangkan. Karena
konsep dari pembelajaran tersebut adalah dengan cara belajar sambil bermain.
Anak kelas 2 masih senang bermain, sehingga dengan adanya media papan pintar
ini dapat membangkitkan kelas menjadi aktif dan menyenangkan. Selain itu,
terlihat hasil belajar siswa meningkat. Tidak semua guru ataupun pengajar
menggunakan media pembelajaran untuk membantu jalannya pembelajaran, terlebih –
lebih pada materi pembelajaran penjumlahan. Guru biasanya hanya menanamkan
pengetahuan dengan cara yang sudah ada.
Terbatasnya fasilitas sekolah juga yang kadang memaksa guru untuk
menyesuaikan cara mereka mengajar dan akibatnya, ilmu yang diajarkan oleh guru
kepada siswa tidak begitu dipahami oleh siswa. Siswa memandang belajar
matematika sangat sulit, rumit, membutuhkan banyak hafalan rumus, dan terlebih
– lebih condongnya membosankan. Tapi ketika saya menggunakan media papan pintar
penjumlahan dikelas saat materi matematika, anak – anak sangat antusias sekali
sehingga kelas menjadi aktif dan hidup. Belajar sambil bermain pada operasi
penjumlahan sederhana dalam penggunaan
media papan pintar tergolong sangat efektif.
Penggunaan media papan pintar pada
pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman materi penjumlahan
sederhana siswa kelas 2. Kegiatan mengenalkan penjumlahan sederhana menggunakan
media ini merupakan suatu alat sederhana yang ditujukan untuk mempermudah siswa
dalam memahami materi operasi penjumlahan sekaligus dipergunakan untuk kegiatan
yang menyenangkan bagi anak usia dini.
Media papan pintar sangat mudah dibuat.
Alat dan bahan yang digunakan untuk membuat papan pintar antara lain :
·
Kardus
atau sterofoam
·
Kertas
lipat
·
Kertas
suku warna
·
Lem
kertas
·
Stik
es krim
Cara membuat media
papan pintar :
· 1. Potong
kardus atau sterofoam dengan pola seperti papan membentuk persegi panjang
· 2. Bungkus
kardus / sterofoam dengan kertas suku warna
· 3. Buatlah
pola seperti kantong, kemudian tempelkan pada papan yang telah dibungkus kertas
suku warna
· 4. Buatlah
tanda penjumlahan ( + ) dan sama dengan ( = ), kemudian temple pada papan yang
telah dilapisi kertas suku warna
· 5. Buatlah
pola sesuai dengan tema ( misal bentuk bintang atau bulan ), kemudian tempel pada stik es krim untuk media berhitung anak
Cara menggunakan media
papan pintar :
· 1. Guru
memberikan pertanyaan kepada siswa, misalnya 7 + 4 = ……
· 2. Guru
memberikan contoh cara menggunakan media papan pintar
· 3. Guru
mengambil stik es krim sesuai dengan pertanyaan yang diberikan, mengambil 7
stik es krim dimasukkan pada kantong pertama, kemudian mengambil stik es krim 4
dimasukkan kantong kedua, kemudian stik es krim yang ada pada semua kantong
diambil dan dihitung, ternyata ada 11 stik es krim, jadi hasil dari 7 + 4 = 11
· 4. Siswa
mencontoh kegiatan dan maju satu persatu secara bergantian untuk melakukannya.
Gambar 2. Siswa belajar
sambil bermain papan pintar secara bergantian
Dari media pembelajaran yang
sederhana ini kita dapat membuat anak belajar sambil bermain. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa media papan pintar mampu memberikan pengaruh yang signifikan
terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi penjumlahan.
Salam bahagia untuk kita semua.
#pakgurupedia
#aleepenaku
#sulispedia
#pendidikan
Trims
ReplyDelete